Headlines Temajuk News :
Home » , , , , , , , , , , , , , , , , , , » Asal Usul Penamaan Temajuk, Paloh-Sambas Kalimantan Barat

Asal Usul Penamaan Temajuk, Paloh-Sambas Kalimantan Barat

Written By Menara Sambas on Minggu, 09 Oktober 2016 | 08.21

Desa Temajuk Dari Atas Menara Tanjung Dato' 

Temajuk News | Temajuk merupakan salah satu desa yg berada tepat di ekor kalimantan dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia, desa ini merupakan desa yang mempunyai potensi alam wisata yang sangat menjanjikan yang tidak kalahnya di bandingan dg tempat wisata lain di indonesia. dan memiliki sumber alam yang melimpah seperti, biji besi, gas alam, minyak bumi, batu bara dll. namun di sebalik itu perhatian pemerintah terhadap daerah ini masih kurang dan jauh yang di harapkan oleh masyarakat setempat.

Temajuk mulai banyak di bicarakan oleh masyarakat karena isu kasus pencaplokan daerah camar bulan yang di klaim milik malaysia, di sebalik itu masyarakat temajuk di untungkan dg pemberitaan di media cetak maupun media elektronik. dengan adanya pemberitaan tersebut akses jalan menuju desa Temajuk, pembangunan PLTA sudah mulai di kerjakan. apa jadinya Desa temajuk seandainya kasus camar bulan tidak di heboh di media ?

Mungkin belum banyak orang mengetahui asal kata TEMAJUK, yaitu TEmpat MAsuk JUrusan Komunis. Dikarenakan tempat ini merupakan markas besar komunis tepatnya di kawasan sungai baywan. sebaliknya di kawasan tanjung bendera merupakan daerah markas TNI AD dan dari sinilah nama tanjung bendera itu di abadikan untuk sebuah nama tanjung yang ada di daerah temajuk. di karenakan  berkibarnya sang merah putih di daerah tersebut, daerah tanjung bendera ini juga merupakan daerah satu satunya yang bisa mendapatkan sinyal operator seluler indonesia. tidak heran kalau tempat ini sering di kunjungi masyarakat untuk berhubungan dengan keluarga, pacar, rekan kerja dan lain-lain.

Camar bulan yang banyak di bicarakan oleh masyarakat adalah merupakan salah satu Dusun di Desa Temajuk, daerah ini merupakan pusat perdagangan dan aktifitas masyarakat setempat. konon camar bulan di ambil dari nama seorang putri dari kerajaan majapahit yaitu PUTRI CAMAR BULAN, dengan kecantikannya dan keramahannya putri ini di perebutkan oleh raja - raja dari kerajaan lain namun tidak satu pun raja yang dapat mengabulkan permintaan putri tersebut yaitu membuat sebuah gunung dalam waktu 24 jam. akhirnya putri tersebut pergi ke daerah kerajaan paloh (Kerajaan gaib). 
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Temajuk Website | @Marwa Group | Temajuk Website
Copyright © 2016. Temajuk News - All Rights Reserved
Created by Temajuk Website Published by Andi Marwan, S.Sos @Marwa Group
Proudly powered by Blogger
google-site-verification: googlec926a3d83bf13330.html