Headlines Temajuk News :
Home » » Dari Temajuk Hingga Kapuas Hulu Pengibaran Bendera Sebanyak 17.845 Mendapat 3 Rekor MURI

Dari Temajuk Hingga Kapuas Hulu Pengibaran Bendera Sebanyak 17.845 Mendapat 3 Rekor MURI

Written By Menara Sambas on Kamis, 13 Oktober 2016 | 10.06

Rekor yang berhasil tercatat tersebut adalah pengibaran bendera sebanyak 17.845 di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia, mulai dari Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, hingga Temajuk, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Temajuk News |  Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia di Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, tercatat dalam tiga rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rekor yang berhasil tercatat tersebut adalah pengibaran bendera sebanyak 17.845 di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia, mulai dari Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, hingga Temajuk, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Kemudian rekor selanjutnya adalah upacara serentak yang dilakukan di empat Pos Lintas Batas Negara, dan yang terakhir penandatanganan prasasti Bela Negara yang ditandatangani oleh ribuan masyarakat di sepanjang perbatasan RI-Malaysia.

Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Andika Prakasa mengatakan, rangkaian kegiatan menyemarakkan HUT RI tersebut diprakasai oleh Komando Resort Militer (Korem) 121 Alambhana Wanawwai, bersama masyarakat yang tinggal di perbatasan Indonesia dengan Malaysia atau Kalimantan Barat dengan Sarawak sepanjang 784 kilometer.

Pengibaran 17.845 bendera ini mulai dilaksanakan empat hari lalu yang dipimpin langsung Komandan Korem menggunakan sepeda motor bersama 17 anggota lainnya.

"Sebenarnya ada ratusan bahkan ribuan masyarakat yang terlibat dalam pemasangan bendera di sepanjang perbatasan, tapi karena estafet maka hanya 17 orang yang memang mengikuti dari awal hingga akhir," kata Andika, Rabu (17/8/2016).

Dipilihnya Temajuk sebagai tempat pelaksanaan upacara HUT RI di perbatasan ini agar pemerintah pusat juga punya perhatian dalam membangun infrastruktur.

"Untuk membuka akses ke perbatasan dan itu sudah mulai dilakukan oleh pemerintah pusat sekarang. Kalau pemerintah pusat punya kemauan, pasti pemerintah daerah juga akan lebih semangat lagi memajukan daerah mereka," ujar Andika.

Perwakilan MURI, Awan Rahargo menyampaikan, tiga rekor yang dicatat ini merupakan kategori superlatif. "Superlatif ini melibatkan baik jumlah, ukuran obyek rekor yang luar biasa, yang dilakukan semua elemen mulai dari masyarakat dan stakeholder yang di prakarsai oleh Kodam Tanjungpura," kata Awan.

Upacara peringatan HUT ke-71 RI di Temajuk diikuti oleh ratusan perwakilan instansi dan sekolah, serta disaksikan ribuan masyarakat yang memadati sekeliling lapangan upacara. Temajuk News Crew.(17/8/2016).
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

5 Maret 2022 pukul 08.42

Iron-Art Studio: “Iron-Art Studio” Has Arrived at the 2021
Iron-Art Studio: nipple piercing jewelry titanium “Iron-Art Studio” titanium ore Has titanium security Arrived at the 2021-22 Season titanium septum jewelry of Iron-Art · Iron-Art titanium bolts Studio.

Posting Komentar

 
Support : Temajuk Website | @Marwa Group | Temajuk Website
Copyright © 2016. Temajuk News - All Rights Reserved
Created by Temajuk Website Published by Andi Marwan, S.Sos @Marwa Group
Proudly powered by Blogger
google-site-verification: googlec926a3d83bf13330.html